My Life

Suatu saat, saya pernah bertanya pada diri saya sendiri, apakah ada hubungan antara kondisi geografi suatu daerah dengan hasrat keinginan untuk merantau? Kalau kesuburan tanah, saya yakin pasti ada hubungannya. Pertanyaan ini muncul setelah saya mengingat-ingat masa lalu, ketika masa pra sekolah.

Saya dibesarkan di sebuah nagari (Sistem pemerintan di Sumbar, hampir sama dengan desa) yang berada di kaki sebuah gunung yang masih aktif yaitu Gunung Marapi. Kampung halaman saya dikelilingi oleh gunung-gunung dan perbukitan. Di sebelah selatan, Dipagari Gunung Marapi, berputar mengikuti arah jarum jam, sebelah barat ada Gunung Singgalang, Dibelakangnya menempel Gunung Tandikek, Ketiga gunung ini (Marapi, Singgalang dan Tandikek) dikenal dengan nama Tri Arga. Terus ke arah utara, ada rangkaian bukit yang sambung menyambung. Kalau di Pulau Jawa ada Sungai Begawan Solo yang mengalir hingga jauh, di Sumatera ada bukit yang saling sambung menyambung dari utara ke selatan, sehingga rangkaian bukit ini diberi nama Bukit Barisan. Dan salah satu rangkaian bukit inilah yang memagari kampung halamanku. Di belakang Bukit Barisan ini Kelihatan puncak Gunung Talamau Pasaman. Terus ke arah Timur laut ada lagi gunung Sago, di arah timur ada Gunung Talang. Pokoke, my homeland is Surounded by Mountains and lined hill or terrain fortress.

Back to my childhood. Karena belum sekolah dan belum pernah kemana-mana, pada waktu itu saya menganggap dunia ini dibatasi oleh bukit-bukit dan gunng-gunung yang saya ceritakan sebelumnya. Ketika memasuki sekolah, saya mulai sadar bahwa ternyata dunia ini lebih luas dari yang saya bayangakan sebelumnya. Suatu saat, ketika dalam perjalanan pulang sekolah, saya sangat penasaran, “what are they doing in there, behind the lined hills or the mountains? Are they thinking what I am thinking now?. Hmmmmm…. I shall cross the hills and mountains one day. Hingga menempuh pendidikan SMA, hanya dua kali saya melewati the terrain fortress (Gunung-gunung dan perbukitan tsb).

Setelah menyelesaikan pendidikan di SMA, saya kemudian melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi. Pada saat menunggu hasil pengumuman UMPTN (entah apa namanya sekarang???!!!). Kakak saya menyarankan untuk mencoba mengadu nasib dengan mengikuti tes di Politeknik yang ada di Jakarta dan Bandung, untuk antisipasi jika tidak lulus UMPTN (Alhamdulillah saya lulus di PTN). Akhirnya mimpi saya jadi kenyataan. Tidak hanya melewati the terrain fortress, bahkan untuk pertama kalinya saya meninggalkan pulau yang pada jaman dahulu kala disebut Suwarnabhumi, ada juga yang memanggilnya dengan nama Andalas. Jika anda melihat peta Indonesia, pulau ini dilabeli dengan Sumatera. Itulah perjalanan jauh saya untuk pertama kalinya.

Setelah tamat kuliah, saya bisa mengunjungi Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, dan sebagian (hanya di sekitar daerah perbatasan) Kalimantan Tengah. Yang menarik di daerah perebatasan Kaltim dan Kalteng ini, jika tangan kanan dan tangan kiri dipasangkan jam tangan dan berdiri tepat di garis perbatasan, badan sebelah kiri di Kalteng, badan sebelah kanan di Kaltim, jika jam sebelah kiri menunjukan jam 9.00, maka jam sebelah kanan telah menunjukan jam 10.00. lho….?! ya iya lah yang kiri WIB dan yang kanan WITA.

Di awal tahun 2011 saya memberanikan diri backpacking ke Jogja sendirian. Sungguh pengalaman yang cukup menarik karena saya belum pernah sama sekali kesana. Daerah di Pulau Jawa yang pernah saya kunjungi baru DKI, Bogor dan Bandung. Setelah sukses mengunjungi Jogja, takdir membawa saya untuk mengunjungi Solo. Saya berharap suatu saat saya bisa menghirup udara Indonesia bagian timur, hmmmmmm…… kapan ya?? Actually my biggest dream is bisa mengunjungi negara lain. Ga usah jauh-jauh. Negara-negara di Eropa sudah cukup. LOL.

Jadi keinginan saya untuk dapat bisa keluar dari kampuang nan den cinto ini, mungkinkah karena saya merasa terkungkung oleh terrain fortress tersebut? Bisa jadi……….

Suatu saat saya akan berbagi tentang pengalaman saya bepetualang di Jogja.

~ by dentjikoen on 03/06/2011.

Leave a Reply

 
